Atisipasi DBD Puskesmas kecamatan v koto Adakan Penyuluhan Desa ke Desa

Mukomuko-Bengkulupost.id– Dengan meningkatnya Penyakit Demam Berdarah ( DBD ) beberapa Minggu yang lalu di wilayah kecamatan v koto kabupaten Mukomuko, UPTD Puskesmas lalang luas mengadakan kegiatan penyuluhan Penyakit Demam Berdarah Dengus ( DBD ) kepada warga masyarakat yang bertempat di Kantor Desa Talang petai kecamatan v koto ( 7/9/2022 )

Hal ini di sampaikan Kepala Puskesmas Endang Suryan Bakti.SKM. di dampingi oleh dr.Muhadi Marpaung beserta kawan-kawan bertindak selaku penyampaian Materi Penyuluhan Penyakit DBD, di karenakan kami hadir di kantor Desa Talang petai ini menindak lanjuti surat Camat v koto tanggal 05 September 2022 Nomor : 138/550/13/IX/2022.tentang 5 orang warga Desa Talang Petai terserang Penyakit DBD,dari 5 orang laporan kepala Desa yang terserang penyakit DBD,setelah di cek oleh pegawai Puskesmas Lalang luas melalui Laboratorium ternyata 2 orang yang positif DBD 3 orang lainnya adalah demam biasa terang kepala Puskesmas.

Lanjut Endang Surya Bakti,menindak lanjuti surat camat tersebut kami dari pihak Puskesmas langsung terjun lansung ke Desa Talang petai sekaligus mengadakan kegiatan Penyuluhan penyakit Demam Berdarah guna untuk Antisipasi warga Desa Talang petai jangan sampai terjangkit DBD lagi khususnya di wilayah Puskesmas kecamatan v koto

Kepala Puskesmas mengucapkan terima kasih kepada kepala Desa Talang petai telah memberikan waktu dan menyediakan tempatnya yang di hadiri oleh tokoh masyarakat Desa setempat. masyarakat Desa setempat.

Dalam penyampaian Penyuluhan ini Kepala Puskesmas Endang Surya Bakti.SKM. bertajuk kepada cara mencegah Demam Berdarah.Berdasar 3 M.
1.menguras Bak kamar mandi setidaknya 1 Minggu sekali.

2.Menutup tempat penampungan air seperti galon atau tempat-tempat yang lain yang di pergunakan untuk kebutuhan keluarga kita.

3.mengubur barang bekas,dan sebagai tambahan yang lain

4.menggunakan kaltion obat nyamuk.

5.jangan menggantungkan baju terlalu lama.

6.Figging,atau penyemprotan

7.menghindari berpergian jauh.

Itu lah Materi yang di sampaikan oleh kepala Puskesmas lalang luas secara detil kepada seluruh masyarakat yang hadir.

Kepala Desa Talang petai Alimartinus,di sela-sela penyuluhan menyampaikan kepada awak media terima kasih kepada pihak Puskesmas Lalang luas telah mengadakan kegiatan Penyuluhan kesehatan terkait kasus Penyakit DBD yang terjadi di Desa kami beberapa hari yang lalu,suatu langkah kami sebagai Pemdes pertama ya mengadakan Penyuluhan dari Kesehatan terima kasih sudah di laksanakan hari ini.

Dengan adanya penyuluhan ini kami harap kepada masyarakat Desa Talang petai sekitarnya harus berhati-hati dan waspada agar tidak ada terjadi lagi penularan penyakit DBD tersebut.

Lanjut Kepala Desa kami dari Pemdes akan segera mengadakan gerakan gotong royong seperti jum’at barokah membersih perkara gan rumah masing-masing dan membersihkan siring-siring di depan rumah dan di belakang rumah trangnya.

Untuk selanjut kami dari Pemdes juga mengharap kepada Dinas Kesehatan Mukomuko,kami mohon mengingat DBD ini sangat berbahaya kami mohon kepada Dinas kesehatan agar bisa mengadakan Fogging/penyemprotan di Desa kami karena mengingat Desa Talang petai sudah terbukti Positif DBD harapnya.

Laporan : Abu Razak.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *