Hal Penting Agar Tongkol Jagung Lebih Besar.

Bengkulu Post – Kaur,Di wilayah Kabupaten Kaur saat ini sedang sibuk berkebun jagung , tapi kita pelajari tata cara penanaman dan pemeliharaan jagung.
Dalam penanaman jagung yang benar agar berhasil dan mendapatkan hasil yang maksimal dan tentu yang di inginkan supaya jagung bisa berbuah lebat dan bertongkol besar diperlukan. Usaha khusus dengan terampil dan mumpunih, ilmu ini gampang namun sebaliknya petani sering mengabaikannya dan terkadang kegagalan terjadi akibat menyepele kan hal yang sepele. Jika kita ingin mendapatkan cara menanam jagung hibrida agar bertongkol besar hal – hal di bawah ini harus diperhatikan.

Bibit Harus Unggul

Para petani terdahulu sering menggunakan benih hasil panen sendiri karena jagung yang lama berbeda dengan jagung pada sekarang ini. Jagung sekarang ini sudah mengalami berbagai metode yang berkaitan dengan bahan-bahan kimia sehingga hasil regenarasi benih jagung bila di tanam lagi tidak akan sama atau bisa menghasilkan hasil panen yang berkualitas terkadang tinggi tanaman tidak akan beragan membuat hasil panen tidak bisa maksimal. Sebaiknya jika kita ingin menanam jagung gunakan benih hibrida yang bisa didapatkan di toko pertanian terdekat dengan kemasan yang baik.

Pemberian Pupuk

Setelah proses pemilihan benih dan pembajakan selesai sebaiknya melakukan tips selanjutnya untuk persiapan lahan ini di lakukan penaburan pupuk kohe atau kotoran hewan bisa dari kohe kambing, sapi, ayam dan lain sebagainya. Pemberian kohe dilakukan seminggu sebelum proses penanaman dan satu hari setelah proses pembajakan atau bisa bersamaan setelah proses pembajakan selesai di lakukan. Pemberian ini penting di lakukan ini karena sebagian lahan akan mengalami penurunan kadar kesuburan akibat penanaman sebelumnya dan juga pemakaian pupuk kimia membuat tanah akan menjadi rusak sehingga dengan melakukan penebaran kohe kembali diharapkan. Kesuburan tanah akan kembali seperti semula, walaupun tidak baik seperti semula paling tidak bisa menambah sedikit unsur kesuburan tanah dan tanah bisa digunakan untuk cara menanam jagung hibrida agar mendapatkan jagung bertongkol besar.

Cara menanam jagung hibrida agar bertongkol besar adalah pemeliharaan. Hal yang kerap di lakukan adalah dengan melakukan penebaran pupuk ulang. Pemupukan dapat di lakukan ketika jagung anda sudah mulai tumbuh agak besar, sekitar tinggi 30 cm, pemupukan pertama bisa di lakukan. Pemupukan dapat kita lakukan dengan menggunakan pupuk yang mengandung unsur NPK bisa pupuk jadi atau pupuk pupuk campuran, namun biasanya petani lebih sering menggunakan pupuk campuran artinya pupuk masih terpisah antara N , P dan K untuk melakukan pemupukan tersebut harus disatukan terlebih dahulu baru di taburkan ke tanaman jagung. Setiap jagung berikan sekitar setengah genggam dengan menaburkan pada bagian bawah pohon jagung hibrida secara keseluruhan setiap tanaman. Proses pemeliharaan yang lain yang harus di lakukan ialah melakukan penyiangan yaitu proses pembersihan rumput pada sekitar jagung, proses penyiangan di lakukan sebaiknya 2-3 minggu setelah proses pemupukan atau 2 minggu sebelum proses pemupukan agar pupuk yang di tabur tidak ikut terbuang dengan percuma.
Cara ini saya baca petunjuk yang ada di Gogle.(NS)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *