Kecamatan Amen  Dipersiapkan Mengikuti Pilot Projek TAK Tingkat Provinsi Bengkulu, ini sejumlah Persiapan Yang Telah dilakukan

Bengkulu Post | Lebong_Setelah Kecamatan Amen, terpilih menjadi pemenang dalam lomba pilot Project tertib administrasi dan kependudukan tingkat Kabupaten beberapa waktu lalu.

Saat ini Kecamatan Amen dipastikan akan mewakili Lebong pada lomba yang sama untuk  tingkat provinsi.

“Sesuai dengan jadwal tertib adminduk tingkat provinsi, hari ini (kemarin ,red) Kecamatan Amen akan dilakukan penilaian oleh tim juri yang berasal dari Disdukcapil Provinsi Bengkulu,” kata  Kabid Pemampaatan data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Lebong, Tri Handayani MSi.

Dirinya menyebut, penilaian tertib adminduk yang dilakukan oleh Disdukcapil Bengkulu, kepada Kecamatan Amen tersebut yaitu meliputi tertib pembukuan administrasi, publikasi dokumen kependudukan, target kepemilikan dokumen kependudukan, dan inovasi dalam mendukung pelayanan kepada masyarakat.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Bengkulu melakukan Penilaian Pilot Project Tertib  Administrasi Kependudukan (TAK) Kecamatan Amen Kabuapten Lebong. Karena, Kecamatan Amen terpilih mewakili Kabupaten Lebong serta masuk nominasi dalam proyek percontohan tertib administrasi kependudukan tingkat Provinsi Bengkulu dari sekian  Kecamatan yang ada.

Bertempat di  Aula Kantor Camat Amen, kegiatan  dihadiri Kadis Dukcapil Provinsi yang diwakili dengan  Kabid Faslitasi pencatatan sipil beserta denagn Tim terkait. Kadis Dukcapil Lebong beserta  Tim dari Dukcapil Lebong, Perwakilan Kapolsek L/U, Perwakilan Danramil L/U, Kepala Bawaslu Kabupaten Lebong, Kepala  KUA, Kepada KPM Sukau Rajo, Koordinasi Pendamping Kecamatan, Kepala Desa / Lurah, Kasi Pemerintahan se-kecamatan Amen, serta penyuluh KB Kecamatan Amen

Hal tersebut disampaikan oleh Kadis Dukcapil Lebong Drs. Budi Setiawan, Kecamatan Amen  terpilih tentu telah melalui proses dan rangkaian evaluasi dan pemantauan dari Dukcapil hingga menetapkan Kecamatan Amen  yang mewakili Daerah Lebong dalam pilot project ini.

Dalam penilaian pilot project Tertib Adminduk tingkat provinsi, yang akan menilai adalah  Tim dari Dinas Dukcapil provinsi Bengkulu , sebanyak 7 orang yang hadir untuk menilai pencapaian target dan sasaran administrasi laporan bulanan kependudukan dari semua data di desa/kelurahan di wilayah kecamatan Amen.

Kadis Dukcapil Lebong Drs. Budi Setiawan menjelaskan dalam kegiatan Lomba Pilot Project Tertib Adminduk, dari 12 kecamatan di Kabupaten Lebong hanya 4 kecamatan yang berhasil menjadi juara dalam Lomba Pilot Project tertib Adminduk.

Ke empat Kecamatan tersebut meliputi :

1. Kecamatan Amen meraih nilai terbaik sebagai juara 1.

2.  Kecamatan Lebong Utara meraih juara 2.

3.  Kecamatan Rimbo pengadang juara 3.

4.  Kecamatan Bingin Kuning meraih sebagai juara harapan.

Tim penilai dari provinsi berjumlah 7 orang ini,  akan melakukan  Penilaiannya masing-masing sesuai dengan indikator yang pernah di sampaikan antara lain :

1. Tertib pembukuan administrasi secara umum

2. Publikasi dokumen kependudukan

3. Tercapainya target kepemilikan dokumen kependudukan

4. Inovasi dalam mendukung pelayanan kepada masyarakat.

Dalam pencapaian kinerja Tertib Adminduk kecamatan Amen, mulai dari pencapaian perekaman e-KTP, pencapaian  kepemilikan KIA dan Akta kelahiran, pencapaian kinerja kecamatan Amen telah melebihi target dari indikator, bahkan ada di benerapa Desa  untuk pencapaian perekaman e-KTP telah mencapai 100 % (pencapaian perekaman e-KTP 100% adalah  Desa Sukau Rajo dan Talang Bunut ),tutup camat.

Kriteria penilaian lomba yaitu data perekaman Adminduk sudah dilakukan 100%, mulai dari kartu keluarga (KK), perekaman e-KTP, akta kelahiran, dan kartu identitas anak (KIA).

“Pemerintah Daerah berharap dan berdoa semoga Kecamatan Amen  mendapatkan penilaian yang maksimal, dan menjadi contoh bagi Kecamatan lain dalam tertib administrasi kependudukan,dengan program – program yang sudah dilakukan pihak Kecamatan,”ungkapnya.

Ia menyampaikan, dengan adanya pilot proyek ini akan menjadi inovasi bagi pihak Kecamatan untuk kedepannya akan selalu up-date data,dan menjadi bank data dari sekian desa yang ada, sehingga data yang diperlukan tidak harus langsung datang ke desa. Tapi, cukup melihat di Kecamatan karena up-date data berasal langsung dari desa.

Sementara itu Camat Amen Drs. Safliluddin, M.Si. menyampaikan,”Langkah yang sudah kami lakukan,yang pertama kami membuat program Camat membaur ke desa dengan memberikan pelayanan dan mengambil data secara langsung. Kedua, dengan seluruh desa kita membuat group sebagai wadah pelaporan setiap tiga bulan sekali,ketiga sebagai pelayan masyarakat kami lakukan program jemput bola. Dengan begitu, kami berharap antara Kecamatan dan desa selalu kompak,”pungkasnya.

Camat  menyebut, penilaian tertib adminduk yang dilakukan oleh Disdukcapil Bengkulu, kepada Kecamatan Amen tersebut yaitu meliputi tertib pembukuan administrasi, publikasi dokumen kependudukan, target kepemilikan dokumen kependudukan, dan inovasi dalam mendukung pelayanan kepada masyarakat.

“Beberapa indikator penilaian tersebut nantinya akan dilakukan perekapan oleh tim juri, setelah itu selanjutnya akan di umumkan pada 18 November mendatang untuk menentukan siapa pemenang pilot project tingkat Provinsi Bengkulu tahun ini,” ucapnya.

Meski saat ini masih dalam tahap penilaian, Tri berharap penuh Kecamatan Amen, dapat menjadi pemenang tertib adminduk tingkat provinsi tahun ini.

“Harapan kita Kecamatan Amen masuk 3 besar dalam penilaian lomba pilot Project tingkat provinsi tahun ini. Kita juga berharap kedepan tertib adminduk ini bisa di tingkatkan pada kecamatan-kecamatan lain yang berada di wilayah tersebut,” terangnya. [Tuti]

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *