Bupati Lebong  Hadiri Penanaman Padi Sawah Serentak di Desa Talang Liak 2  Kecamatan Bingin Kuning

Bengkulu Post | Lebong-Bupati Lebong bersama dengan Asisten I Pemerintahan didampingi jajaran Pemkab Lebong  , Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Kominfo dan beberapa OPD serta Camat dan unsur Forkopimcam laksanakan Gerak Tanam Serentak Padi Sawah di Desa Talang Liak 2  Kecamatan Bingin Kuning,14/07/2022

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebong  dalam laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan Gerakan Tanam Serentak Padi Sawah yang dilakukan pada hari ini adalah dalam rangka mendukung Program Swasembada Pangan berkelanjutan.

Lebih lanjut beliau mengatakan dengan pelaksanaan Gerakan Tanam Serentak MT2 ini diharapkan adanya sinergitas positif antara semua pemangku kepentingan baik eksekutif, legislatif, swasta serta seluruh komponen masyarakat khususnya

Beliau juga menyampaikan untuk tahun 2022 telah direalisasikan bantuan benih padi untuk lahan seluas persawahan yang bersumber dari dana APBN dan  APBD Kabupaten Lebong.

Sementara itu Bupati Lebong Kopli Ansori dalam sambutannya menyampaikan komitmen Pemerintah RI sangat serius dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik dengan menitik beratkan pada kedaulatan pangan dan mensejahterakan petani.

“Saat pandemi Covid-19 sekarang ini, pemerintah dihadapkan pada dua tantangan besar disektor pertanian yaitu mencukupi pasokan pangan dengan harga terjangkau disisi lain kesejahteraan petani juga harus diperhatikan” ucap Bupati Lebong.

Bupati juga mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Lebong melalui Dinas Pertanian terus melakukan upaya peningkatan produksi sebagai upaya percepatan Swasembada Pangan, upaya tersebut diwujudkan dengan membangun jaringan irigasi untuk menaikkan debit air sungai dan pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan sumber air untuk persawahan .

Selanjutnya Kopli Ansori  juga menyampaikan harapannya kepada petani di Kabupaten Lebong khususnya Kecamatan Bingin Kuning untuk tetap mempertahankan lahan pertaniannya.

Sedangkan untuk menghindari penyebaran Covid-19 beliau berpesan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, jaga jarak dan upayakan sesering mungkin Cuci Tangan Pakai Sabun.

Bupati Lebong  dalam sambutannya juga mengatakan penanaman serentak ini merupakan bagian dari program Kementerian Pertanian pusat dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, hal ini bertujuan guna mensukseskan ketahanan Pangan Nasional, selain itu juga dapat meminimalisir gangguan hama, karena Desa Talang Liak 2  memiliki potensi unggulan pertanian terbesar di Kabupaten Lebong,” ujar Bupati.

Bupati juga menekankan dan  berharap kepada masyarakat, khususnya petani yang ada di Kabupaten Lebong, agar tidak lagi melakukan hal yang merugikan, seperti  mengalih fungsikan lahan padi menjadi lahan lain, karena hal tersebut sangat merugikan para petani sendiri.

Kepala Desa Talang Liak 2 Kecamatan Bingin Kuning, Aprildo dalam sambutannya mengatakan,”untuk diketahui lahan pertanian yang telah mengadopsi system MT2 di Desa Talang Liak 2 seluas 80 Ha, ditambah lokasi seberang air ketahun seluas 40 Ha, jadi bila ditotal sudah seluas 120 Ha, lahan yang cukup ideal untuk menghsilkan padi menuju Lebong Swasembada Pangan,”ungkapnya.

Aprildo menambahkan, mengatakan dirinya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten Lebong.

Menurut Aprildo dirinya bersama para pertani merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan tersebut, sehingga setiap pengerjaan dan pengangkutan hasil pertanian dapat dengan mudah diselesaikan,” ujarnya.

“Saya berharap semoga bantuan-bantuan seperti ini terus diberikan oleh Pemerintah kepada para petani,”harapnya.[Tuti/Adv]

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *