Simulasi Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana Mengurangi R isiko Dampak Akibat Bencana

Bengkulu Post | Bengkulu Sealatn – Dalam rangka meningkatkan indeks ketahanan daerah dalam kemampuan mengatasi bencana, peningkatan pengetahuan dan wawasan serta terbentukan sinergi yang kuat dalam penguatan tugas dan peran masing-masing penyelenggara penanggulangan bencana, maka, Rabu (3/8/22) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Selatan melaksanakan kegiatan Pelatihan Mitigasi Bencana dan Simulasi Bencana Tsunami yang dilaksanakan di Muara Air Bengkenang Desa Tanjung Besar Kecamatan Manna,

Kegiatan yang diikuti oleh BASARNAS, POLAIRUD, TAGANA, TNI Kodim 0408, PMI, BPBD, ORARI dan Pramuka serta sukarelawan BPBD ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris daerah Sukarni, S.P., M.Si.

Kegiatan diawali dengan apel siaga yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah, Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Sukarni, SP, M.Si. mengatakan bahwa penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab sosial bersama, yang harus diselenggarakan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Dilaksanakannya kegiatan ini adalah upaya yang dilakukan Pemkab Bengkulu Selatan untuk memberikan simulasi dan pelatihan kesiapsiagaan bencana, guna mengurangi risiko dan dampak yang diakibatkan oleh bencana terhadap masyarakat.

“Suatu bencana itu bisa kita antisipasi untuk bagaimana bisa meminimalisir dampak dari kejadian yang diakibatkan oleh suatu bencana, inilah yang biasa kita sebut dengan istilah mitigasi bencana, maka memberikan pemahaman terhadap semua komponen dan stakeholder akan mitigasi bencana itu sangat penting, utamanya memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat, bagaimana masyarakat mengerti dan familiar tentang tsunami, gempa bumi, banjir dan sebagainya,”kata Sekda dalam sambutannya.

Sukarni juga menambahkan bahwa kegiatan mitigasi bencana dipandang sangat perlu dilaksanakan sebagai upaya dalam membangun kekuatan dan katangguhan dalam penguatan tugas dan peran masing-masing penyelenggara penanggulangan bencana.

“Kami berharap nantinya Bengkulu Selatan dapat menjadi salah satu daerah yang memiliki ketangguhan dan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana,”pesan Sukarni dalam sambutannya.

Akhir sambutannya, Sekda berpesan agar setiap penyelenggara penanggulangan bencana di Bengkulu Selatan ini untuk selalu menjaga kekompakan, melakukan koordinasi yang intens satu sama lainnya, serta melakukan kerjasama yang baik dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana.(mc/tem)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *