Apakah Anda Menderita Penyakit Diabetes? Inilah 4 Makanan yang dipercaya dapat Turunkan Gula Darah Tinggi

Bengkulu Post | Lifestyle_Ada berbagai kondisi dan faktor yang dapat menyebabkan diabetes atau mengalami gula darah tinggi, salah satunya termasuk kelebihan berat badan.

Selain itu, faktor lain yang mungkin munculnya penyakit diabetes, seperti kurangnya aktivitas fisik atau mengalami stres.

Jika Anda berisiko atau memiliki gula darah tinggi, mungkin ingin mencari makanan untuk membantu menjaga gula darah tetap stabil.

Pilih makanan yang memiliki indeks glikemik (GI) lebih rendah yang dapat menurunkan gula darah tinggi Anda.

Sebagaimana dikutip dari laman Eat This, berikut 4 makanan bergizi yang dipercaya dapat menurunkan gula darah tinggi.

1. Telur

Telur adalah makanan berprotein tinggi yang tidak akan mempengaruhi gula darah tinggi Anda.

Menurut sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Food & Function Journal, makan satu telur setiap hari dapat mengurangi risiko diabetes.

Studi ini juga menemukan bahwa subjek yang makan telur memiliki kadar glukosa darah yang lebih baik, sehingga berarti telur dapat membantu menjaga gula darah tetap teratur.

2. Brokoli

Brokoli adalah sayuran rendah karbohidrat yang kaya akan vitamin, mineral, dan fitokimia senyawa tumbuhan alami yang telah terbukti membantu melawan dan mencegah penyakit.

Selain itu, sayuran ini juga mengandung serat dan beberapa karbohidrat baik sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi serat juga membantu memperlambat penyerapannya ke dalam darah, yang meminimalkan seberapa cepat karbohidrat dipecah menjadi glukosa dan diserap ke dalam darah.

3. Beras merah

Meskipun biji-bijian memang mengandung karbohidrat, selain itu juga mengandung banyak serat.

Beras merah dipecah menjadi glukosa, secara perlahan akan diserap ke dalam darah, sehingga membantu meminimalkan lonjakan gula darah.

Beras merah juga mengandung mangan , yang bermanfaat untuk banyak proses dalam tubuh, termasuk pengaturan gula darah.

4. Kedelai

Kedelai memiliki salah satu nilai GI rendah dari semua kacang-kacangan. Ini kemungkinan besar karena kandungan protein dan lemaknya yang lebih tinggi.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The University of Massachusetts Amherst, makan makanan kedelai seperti tahu dan kedelai telah dikaitkan dengan penurunan kadar glukosa darah.

Selain itu Juga, makan makanan ini telah meningkatkan penurunan glukosa pada penderita diabetes.

Jika Anda mencari lebih banyak produk berbahan dasar kedelai, cobalah kacang kedelai, kecap, tempe, dan tauge.***

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *