Polres Mukomuko Bersama Satbimas Gelar FGD Situasi Kambtibmas Terkini Dengan Masyarakat dan Kades se Kecamatan V Koto

Mukomuko-Bengkulupost.id.-Sat Binmas Polres Mukomuko menggelar Forum Group Discussion (FGD) untuk membahas Situasi Kamtibmas Terkini bersama para Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama serta Kades se Kecamatan V Koto, yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat V Koto Kabupaten Mukomuko, Rabu (13/9/22).

Kapolres Mukomuko AKBP Nuswanto SIK MH dalam arahan dan sambutannya pada kegiatan itu mengatakan bahwa kegiatan ini adalah untuk bersilaturahmi dengan warga dan dengan berbagai elemen dan komponen yang ada di Kecamatan V Koto.

” Untuk bersama sama berkontribusi dan bersinergi dengan masyarakat, agar bisa diimplementasikan di tingkat level paling bawah RT dan RW, sehingga dengan sinergitas ini diharapkan persoalan persoalan Kamtibmas yang muncul ditengah masyarakat bisa terselesaikan dengan baik,” papar Kapolres Mukomuko.

Kapolres Mukomuko juga mengatakan, ” banyak sekali persoalan Kamtibmas yang bisa kita selesaikan bersama jika persoalan yang timbul itu kita antisipasi apabila kita duduk bersama untuk membahas permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat kita,” ungkap AKBP Nuswanto.

” Salah satu contohnya adalah konsumsi komik dikalangan generasi muda kita, kalau ini dibiarkan maka hancurlah calon calon generasi penerus bangsa ini,” terang Kapolres.

Masih dikatakan Kapolres,” Selain itu saat ini ada program Restorative Justice (RJ), dengan adanya Restorative Justice ini kami ajak masyarakat untuk bersama dengan berbagai elemen yang ada di masyarakat seperti Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Tokoh Masyarakat yang ada untuk menyelesaikan permasalahan permasalahan yang terjadi dimasyarakat sehingga tidak semua permasalahan harus kita bawa ke persidangan,” papar AKBP Nuswanto.

” Karena biasanya konflik terjadi dimulai dari hal hal yang kecil, ibarat seperti kebakaran, api yang terbakar pasti dimulai dari api yang kecil dahulu, maka kalau tidak kita antisipasi akan terjadi kebakaran yang besar,” sebut Kapolres.

Di tempat yang sama Wakil Bupati Hj Wasri dalam sambutannya mengatakan,” perlunya kita diskusi terkait masalah Kamtibmas, apapun permasalahan itu kita harus meredam permasalahan yang diawali dari yang terkecil, seperti yang disampaikan Pak Kapolres tadi, sepuntung rokok bisa kita membakar satu ladang bila kita tidak antisipasi sedari awal,” terang Wakil Bupati.

” Mari kita bersama untuk menjaga suasana Kamtibmas yang kondusif ditengah masyarakat dan kami dari Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi sekali kegiatan yang dilaksanakan oleh Polres Mukomuko atas kegiatan yang sangat baik ini, semoga kita bersama bisa bersinergi untuk membangun Kabupaten Mukomuko yang maju, aman, tentram dan sejahtera,” sebut Wakil Bupati Wasri.

Pada kegiatan itu peserta FGD juga diberikan pemahaman dari terkait penggunaan Media Sosial dan aplikasi lainnya seperti YouTube, Instragram, Facebook serta pemahaman UU ITE oleh pemateri/narasumber dari Gradasi Kominfo Fajar Octyola Putra.

” Mari kita cegah permasalahan yang terjadi di masyarakat kita, Keluarga kita dan diri kita sendiri untuk dengan bijak dalam ber Medsos, agar tidak terjadi permasalahan di tengah masyarakat, sehingga suasana kondusif dimasyarakat dapat terjaga dengan baik,” sebut Fajar.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab para peserta terkait permasalahan Kamtibmas kepada narasumber dari KBO Satreskrim IPDA Kurtani, Kapolsek V Koto, dan narasumber dari Gradasi Kominfo Fajar Octyola Putra serta terakhir secara keseluruhan pertanyaan peserta dijawab langsung oleh Kapolres Mukomuko.

Hadir pada kegiatan itu, Wakil Bupati Mukomuko, Kapolres Mukomuko, Camat, Kapolsek V Koto, Danramil, Kabag Log, Kasatlantas, Kasat Binmas, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, dan Kades se Kecamatan V Koto serta personil Sat Binmas Polres Mukomuko.

Laporan : Abu Razak.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *