Musim Pancaroba Penyakit Berdatangan, Atasi dengan 5 Tips Berikut

Bengkulu Post | Health _Masa peralihan musim yang mengakibatkan cuaca jadi tak menentu membuat beragam penyakit mudah menghampiri, di antaranya batuk, pilek, dan demam.

Peralihan musim seperti itu umum terjadi tiap tahunnya. Secara otomatis, hal ini akan berpengaruh terhadap reaksi tubuh yang berusaha keras untuk beradaptasi dengan temperatur sekitarnya.

Perubahan cuaca memang tidak bisa dihindari, tetapi tetap bisa diantisipasi dengan berbagai kebiasaan baik agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan tidak mudah sakit.

Caranya, lakukan 5 hal berikut. 

1. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah mengonsumsi makanan bergizi dengan porsi seimbang.

Setiap orang butuh asupan gizi berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin, usia, kebiasaan beraktivitas, dan kondisi khusus lainnya, seperti saat hamil, menyusui, atau sakit.

Jadi, pastikan bahwa kamu sekeluarga selalu menyantap makanan bergizi dengan porsi seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh secara alami. Berusahalah membatasi konsumsi makanan yang kalorinya berlebihan, seperti kandungan lemak dan gula tinggi atau mengandung zat aditif. 

2. Olahraga teratur

Makanan bergizi saja belum cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu sekeluarga juga wajib berolahraga secara rutin agar tubuh tetap sehat.

Cobalah berolahraga secara teratur. Pilih jenis olahraga yang disukai seluruh anggota keluarga, misalnya jogging, bersepeda, atau olahraga permainan seperti bulutangkis.

Siapkan waktu berolahraga minimal tiga kali dalam seminggu sehingga kamu terbiasa dengan aktivitas penting yang satu ini. 

3. Tidur cukup

Daya tahan tubuh juga sangat berkaitan dengan waktu tidur yang cukup. Sebab, tubuh melakukan regenerasi sel dan memproduksi antibodi secara maksimal saat tidur. 

Adapun rincian kebutuhan waktu tidur, yakni anak prasekolah dengan rentang usia 3-5 tahun adalah 10-13 jam perhari.

Lalu, anak usia sekolah 6-13 tahun adalah 9-11 jam per hari. Sementara, remaja usia 14-17 tahun adalah 8-10 jam per hari.

Selanjutnya, dewasa usia 18-64 tahun adalah 7-9 jam per hari, dan lanjut usia (lansia) di atas 65 tahun adalah 7-8 jam per hari. 

4. Patuhi protokol kesehatan

Meski angka kasus Covid-19 sudah mulai menurun, kebiasaan baik seperti mematuhi protokol kesehatan tetap perlu dijalankan.

Dengan menerapkannya, jenis virus apa pun akan sulit menghampiri tubuhmu. Karenanya, patuhi protokol kesehatan untuk memaksimalkan pertahanan tubuh dari virus.

Adapun protokol kesehatan yang harus disiplin dilakukan adalah mencuci tangan secara rutin, khususnya usai beraktivitas di tempat umum, menggunakan masker ketika beraktivitas, dan menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter.

Kemudian, biasakan untuk menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas di tempat umum. 

5. Konsumsi suplemen

Agar daya tahan tubuh lebih terjaga, kamu bisa menambahkan asupan suplemen. Seperti diketahui, konsumsi suplemen penting bagi kesehatan kamu sekeluarga karena makanan sehari-hari yang dikonsumsu belum tentu dapat memenuhi kebutuhan gizi secara optimal.

“Mengonsumsi suplemen daya tahan tubuh dapat mengembalikan keseimbangan sistem imun yang terganggu akibat adanya penyakit atau infeksi,” ujar Product Manager dari Egoji, Anita Anastasia, , Sabtu (24/9/2022).

Sebagai informasi, Egoji merupakan salah satu suplemen keluaran PT Novell Pharmaceutical. Suplemen ini memiliki kandungan lengkap dan berstandar internasional yang cocok untuk mempertahankan imunitas tubuh. 

Saat ini, Egoji tersedia dalam berbagai bentuk, yaitu kapsul, sirup, dan gummy. Adapun Egoji kapsul dan sirup mengandung 4 ekstrak herbal berkhasiat, yaitu Echinacea yang berperan sebagai immunomodulator yang efektif menangkal radikal bebas.

Lalu, ada pula Phyllantus niruri (meniran) yang berperan sebagai immunomodulator sekaligus memperkuat daya tahan tubuh dan menjadi zat anti peradangan alami.

Kandungan lainnya adalah black elderberry untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak rentan terserang penyakit seperti flu dan membantu menjaga kestabilan kadar gula darah.

Terakhir, kandungan goji berry yang membantu meredakan stres, menghambat penuaan dini, dan meningkatkan kualitas tidur. Lihat gambar di aplikasi hemat data hingga 80%.

Egoji sirup juga memiliki rasa yang enak dengan dua varian rasa, yaitu anggur dan appleberry sehingga cocok dan disukai oleh anak-anak.

Adapun jenis gummy diformulasikan khusus untuk anak karena memiliki bentuk menarik menyerupai dinosaurus dengan lima varian rasa, yaitu strawberry, jeruk, blackcurrant, melon, dan leci.

Egoji gummy mengandung ekstrak goji berry serta vitamin A, B kompleks, C, D, E, dan zinc.

Dengan segala kandungannya, Egoji punya manfaat double protection dan immune booster untuk kesehatan kamu dan keluarga. Kamu bisa memesan Egoji secara praktis melalui official online store.

Nah itulah lima kiat untuk mempertahankan imunitas di musim pancaroba, yuk pastikan kamu dan keluarga hidup lebih sehat agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Jahe untuk kesehatan

Jahe merah bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya meredakan nyeri. 

Rempah ini sangat populer di tanah air.

Jahe merah memiliki cita rasa yang pedas dan bersifat hangat.

Umumnya jahe merah dikonsumsi dengan cara diseduh dengan air panas. 

Wedang jahe merah nikmat diminum saat malam hari atau saat udara sedang dingin. 

Jahe merah populer dalam dunia pengobatan herbal. Alasannya, rempah-rempah yang satu ini kaya akan minyak asiri. 

Melansir dari buku berjudul Tumbuhan Obat dan Khasiatnya, karya Arief Hariana, jahe merah mengandung gingerol, limonene, aspartic, caprylic acid, capsaicin, chlorogenic acid, dan farnesol. 

Tidak hanya itu jahe merah memiliki efek farmalogis memperlambat proses penuaan dan merangsang regenerasi sel kulit. Hal inilah yang membuat jahe merah kerab dimanfaat sebagai obat herbal. 

Manfaat jahe merah Obat herbal memang jadi idola sebagian orang di tanah air.

Alasannya, obat herbal dianggap lebih aman dikonsumsi dan minim efek samping. 

Jahe merah sudah banyak digunakan dalam dunia pengobatan herbal sejak dahulu kala.

Dari semua bagian tanaman jahe, rimpang jahe yang banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal.  Berikut manfaat jahe merah untuk kesehatan

1. Rematik 

Rematik salah satu penyakit yang umum diderita masyarakat. Rimpang jahe merah bermanfaat meredakan rematik sebab mengandung minyak asiri serta memiliki efek farmakologis antirematik. 

2. Obat kuat 

Salah satu manfaat jahe merah adalah meningkatkan gairah seksual.

Jahe merah bisa jadi solusi untuk Anda yang tidak ingin minum obat kuat kimia. 

Cara membuat obat herbal ini cukup mudah, berikut bahan dan cara membuatnya. 

Bahan  Jahe merah 10 gram  Biji kucai 10 gram  Biji pare kering 10 gram Merica 15 butir Gula merah 1 sendok teh.  Air 2 gelas

Cara membuat Anda haluskan jahe merah, biji kucai, biji pare, merica, dan gula merah.

Setelah itu, Anda rebus semua bahan tersebut dengan dua gelas air sampai mendidih dan menyisahkan satu gelas air. 

Anda minum obat herbal tersebut selagi hangat. Anda bisa minum obat herbal tersebut dua kali sehari dengan takaran yang sama. 

3. Batuk kering menahun 

Jahe merah mengandung minyak atsiri yang bisa meredakan batuk. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa makan jahe merah ukuran kecil secara langsung tiga kali sehari. 

Usahakan Anda menguyah jahe merah sampai lembut dan menelas air jahe merah. 

4. Meredakan nyeri lutut 

Mengutip dari Kompas.com, jahe merah bersifat antiradang.

Penelitian yang dilakukan di Iran dan Amerika dinyatakan jahe merah memiliki efek seperti ibuprofen dalam mengatasi gejala osteoartritis. 

Konsumsi jahe merah dipercaya bisa mengurangi rasa nyeri pada lutut.  

5. Obat gatal, luka lecet, dan luka akibat senjata tajam 

Banyak faktor yang membuat permukaan kulit menjadi gatal, salah satunya akibat terkena gigitan serangga.  Daripada terus menggaruk kulit yang terasa gatal, Anda bisa mengobatinya dengan menempelkan campuran jahe merah dan bawang merah yang ditumbuk halus di atas permukaan kulit yang gatal. 

Anda bisa menempelkan ramuan herbal tersebut secara rutin sampai gatal hilang. Selain mengobati gatal, obat herbal tersebut juga efektif menyembuhkan luka lecet dan luka berdarah akibat senjata tajam. 

6. Meningkatkan daya tahan tubuh 

Jahe merah dipercaya bisa meningkatkan sistem imunitas alias daya tahan tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda bisa menyiapkan beberapa bahan di bawah ini. 

Jahe merah 20 gram 

Temulawak 20 gram 

Lempuyang wangi 20 gram 

Biji ketumbar 10 gram 

Cara membuat  Anda cuci sampai bersih jahe merah, temulawak, dan lempuyang wangi.

Setelah itu Anda keringkan seluruh bahan tersebut.  Selanjutnya, Anda tumbuk semua bahan sampai halus atau berubah bentuk menjadi bubuk. 

Anda seduh satu sendok makan bubuk obat herbal tersebut dengan 1/2 gelas air panas. Anda bisa tambahkan madu dan aduk rata lalu minum dengan segera. Anda bisa minum obat herbal tersebut dua kali sehari.  

7. Sakit pinggang 

Sakit pinggang muncul karena banyak faktor, salah satunya adalah duduk terlalu lama dengan posisi yang tidak nyaman.  Melansir dari buku berjudul Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit, jahe merah efektif mengobati sakit pinggang. 

Untuk merasakan manfaatnya, Anda rebus 30 gram temulawak, 30 gram jaher merah, 30 gram kumis kucing, 20 gram meniran, dengan 800 ml air. 

Anda rebus semua bahan sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar 300 ml. Setelah itu dinginkan dan saring, Anda minum obat herbal tersebut dua kali sehari. 

8. Jerawat  Wajah mulus tanpa jerawat jadi idaman para perempuan dan laki-laki. Jahe merah mengandung minyak asiri yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri. 

9. Kolesterol  Jahe merah juga mengandung antioksidan yang berperan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.  

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *