Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke -58 Tahun 2022 Tingkat Kabupaten Bengkulu

Bengkulu Selatan, Potong Tumpeng

Selatan,Bengkulupost.id- Upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 tahun 2022 tingkat Kabupaten Bengkulu Selatan tahun 2022 dilaksanakan di halaman kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Selatan, Setiap (12/11/2022). Upacara dipimpin Inspektur Upacara Wakil Bupati Bengkulu Selatan Rifa’i Tajuddin.
HKN ke 58 tahun ini mengusung tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku”. Tema ini menginterpretasikan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secara bersama, bahu membahu dalam menghadapi situasi kesehatan di masa dan pasca pandemi covid-19.

Kepala Dinas kesehatan BS, Didi Ruslan MKes dalam peringatan HKN mengatakan bahwa Indonesia adalah termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global akibat pandemi. Indonesia dinilai berhasil mengendalikan pandemi COVID-19 dan termasuk dalam lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan total 442 juta dosis vaksin yang telah disuntikkan sampai dengan oktober 2022. Dan, pada saat yang sama pemerintah juga terus melakukan upaya penanganan masalah kesehatan lain yang menjadi program prioritas nasional, seperti penurunan Angka Kematian lbu (AKl) dan Angka Kematian Bayi(AKB), menurunkan angka stunting pada balita, memperbaiki pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), serta meningkatkan kemandirian penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri.

“Ya, pandemi menjadi momentum bagi pemerintah untuk terus berbenah, melakukan transformasi pada sistem kesehatan di tanah air,”kata Didi.

Dikatakan Didi, 6 pilar transformasi kesehatan terdiri dari transformasi layanan primer, transfomasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan, dan transformasi teknologi kesehatan.

“Seremonial upacara peringatan HKN ke 58 Tahun 2022 di Kabupaten Bengkulu Selatan dilakukan dengan Seremonial upacara peringatan HKN ke 58 Tahun 2022 di Kabupaten Bengkulu Selatan juga dilakukan dengan pemotongan tumpeng dan simbolis penyerahan bantuan 1 (satu) unit mobil ambulan dari PT. Bengkulu Sawit Lestari yang merupakan bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. BSL sebagai bentuk rasa tanggung jawab dan kepedulian sosial kepada masyarakat Bengkulu Selatan,”tutur Didi.

Keberfokusan transpormasi berpijak pada 6 pilar, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan, sekaligus sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan di masa-masa mendatang.(tem)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *