Kepahiang – Bengkulu Post. id –Puskesmas (PKM) Pasar Kepahiang terus meningkatkan kualitas pelayanan untuk para pasiennya. Mulai dari pelayanan soal kesehatan di dalam gedung, maupun layanan kesehatan diluar gedung. Seperti layanan TB, dan juga sejumlah layanan lainnya. Serta peningkatan SDM agar lebih berkompeten, dan peningkatan fasilitas kesehatan, agar dapat melayani para pasiennya secara maksimal, jika ada masalah saat berada di Puskes Pasar Kepahiang silahkan sampaikan ke bagian resepsionis/ petugas piket.
Kapus Pasar Kepahiang Heni Mahita, S.Tr, Keb mengatakan, peningkatan layanan kesehatan yang dilakukan pihaknya ini, untuk menunjang mutu layanan kesehatan secara digitalisasi. Serta untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan taraf layanan kesehatan yang ada.
“Pada penilaian survei kepuasan masyarakat, kita mendapatkan nilai sebesar 95,5. Sedangkan pada pada penilaian ombudsman, kita mendapat nilai 93 lebih. Atas dasar itulah kemudian kita dinyatakan Paripurna, setelah semua persyaratan yang dibutuhkan juga tercapai semua. Dan karena nilai kita mendekati sempurna, kita akan membuktikan bisa memberikan pelayanan secara maksimal untuk para pasien ataupun masyarakat setempat,” ungkap Heni.
Dengan itu juga lanjut Heni, pihaknya tidak akan menelantarkan para pasiennya. Serta akan mengerahkan seluruh personil atau petugas kesehatannya, sesuai dengan keahlian dan kemampuan masing-masing secara kompeten. Sehingga menurutnya, dokter ataupun seluruh personil kesehatan yang ada di PKM Pasar Kepahiang, tidak akan membuat kesalahan yang melanggar SOP terhadap para pasiennya.
“Puskesmas kita sudah Paripurna, dan kita juga mendapat nilai terbaik selama 2 tahun berturut-turut. Baik itu nilai ombudsman, dan nilai kepuasan masyarakat, hingga menjadi paripurna. Karena itu secara integritas, kita akan menunjukkan bahwa layanan di Puskesmas Kepahiang bisa lebih meningkat terus secara optimal,” terangnya.
Selain itu Heni juga menegaskan, jika memang ada pelayanan Puskesmas Pasar Kepahiang yang tidak baik atau masih sangat kurang. Pasien ataupun pihak keluarga pasien, bisa melaporkan keluhannya secara langsung kepada pihaknya. Selain itu lanjutnya, pasien bisa menyampaikan keluhannya langsung melalui barcode yang ditempelkan di masing-masing pintu pelayanan di Puskesmas Pasar Kepahiang.
“Pasien bisa langsung memberikan tanggapan dan keluhannya, untuk saya ataupun petugas kesehatan lainnya yang ada di Puskesmas Pasar Kepahiang. Karena kami juga sudah menyediakan barcode, untuk menampung keluhan seluruh pasien yang tidak puas. Selain itu wajar saja jika Puskesmas kita selalu dicari-cari kesalahannya. Selain karena Puskesmas kita berada di pusat kota, Puskesmas kita juga sudah Paripurna dan memiliki layanan yang sangat baik. Yang jelas yang namanya baik, itu pasti ada-ada saja yang tidak senang,” tutupnya. (rls).