Jum’at Barokah, Pemdes Kampung Delima Sukses Bagikan BLTDD Triwulan 3 Tahun 2022 Kepada 86 KPM

Bengkulu Post | Rejang Lebong_Pemerintah Desa Kampung Delima Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun Anggaran (TA) 2022. Pembagian BLT ini dilaksanakan di aula balai desa desa setempat, sejumlah 86  Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT DD untuk tahap bulan Juli-September. Adapun besaran setiap tahapnya ialah 300.000 total diterima KPM sebasar Rp. 900.000.

Dalam kesempatan tersebut Pjs Kepala Desa Kampung Delima Halimatus saadiah, S.Sos yang juga selaku Camat di Kecamatan Curup Timur,  mengatakan pemerintah mengucurkan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) untuk warga miskin agar bantuan ini bisa membantu pemenuhan kebutuhan pokok dan lainnya.

“Meringankan beban masyarakat akibat wabah Covid-19. Untuk itu, manfaatkan dana bantuan ini sebaik-baiknya,” tuturnya. Ju,at (09/09/2022).

Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) termasuk dalam skala prioritas dalam penggunaan Dana Desa Tahun 2022 dan merupakan salah satu program dalam skema pemulihan ekonomi nasional yang diharapkan dengan diperpanjangnya masa program BLT Dana Desa dapat meminimalkan dampak ekonomi bagi masyarakat desa yang diakibatkan oleh kondisi pandemi COVID-19.

“Jangan lengah terus mematuhi protokol kesehatan, bagi warga yang belum bervaksin segera bervaksin,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Kampung Delima, Sunaryo  dalam kata sambutan menyampaikan penyaluran BLT DD terhadap para warga KPM sudah melalui mekanismen dan tahapan pelaksanaan Musdesus yang diselenggarakan oleh BPD bersama Pemdes dan dihadiri warga desa. Dimana penyaluran hari ini, berlangsung lancar terhadap 86  warga KPM yang terbagi menjadi dalam beberapa dusun,”ungkap Sekdes.

Lebih lanjut Sekdes menjelaskan, menisme penyalurannya di mulai Pukul,08.30 WIB serta sesuai dengan Protokol Kesehatan 4 M, mencuci tangan dan menjaga jarak sekaligus pengaturan jam kedatangan dari masing-masing warga yang terdapat di beberapa dusun 

Sekdes  berharap, semoga bantuan yang sisalurkan hari ini, mampu meringankan beban KPM untuk memenuhi kebutuhan pokok, yang  akan disalurakan selama 12 bulan setiap bulannya menerima BLT DD sebesar Rp.300.000,- per bulannya. Selain itu, beliau menyampaikan terkait dengan kesadaran masyarakat menjaga lingkungannya dengan baik didalam memberantas Sarang Nyamuk di musim penghujan, mengingat kasus DB masih terjadi hal ini diharapkan masyarakat bisa menjaga lingkungan yang bersih.

Kegiatan dihadiri oleh perwakilan  dari Kecamatan Curup Timur, Halimahtussa’diyah, S.Sos selaku Pjs Kades Kampung Delima merangkap Pjs Kades ,  meninjau langsung proses penyaluran BLT DD di dampingi Perangkat  Desa Kampung Delima, BPD dan Pendamping Desa dengan tetap sesuai Prokes 4M.

Turut hadir, Babinkamtibmas,Harwansah,Babinsa, Mahyudin,PLD, Dede,PD,Yosep ,Ketua BPD,Jayo Putra, Sektaris Desa,Sunaryo, Kaur Kuangan,Hidayat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Karang Taruna, Warga penerima bantuan, serta awak Media.

Sementara itu Pjs Kades Kampung Delima, Halimatussadiyah , S.Sos  mengatakan, pemilihan penerima bantuan ini tidak asal pilih, karena data penerima bantuan tidak boleh ada yang tumpang tindih dengan penerima bantuan yang berasal dari sumber anggaran lainnya.

“Semua yang menerima sudah melalui proses verifikasi dan validasi serta musdes khusus bersama Kepala Dusun, perangkat, BPD dan tokoh masyarakat beberapa waktu yang lalu,” ungkap Camat.

Tujuan pemberian bantuan ini adalah supaya masyarakat yang tidak mampu dengan adanya pandemi virus covid-19 ini bisa terbantu.

Halimatussa’diyah  berharap bantuan ini tepat sasaran dan berguna bagi masyarakat yang menerimanya, sebab bantuan ini hanya pada saat terjadi bencana pandemi wabah covid-19 ini.

“Semoga penyaluran BLT dana desa ini bisa meringankan beban ekonomi bagi keluarga penerima manfaat, apalagi saat ini kita sedang mengalami pandemi yang cukup panjang”, harap nya.

Dalam sela-sela penyaluran BLT Dana Desa, Halimatussa’diyah  menghimbau kepada masyarakat dalam menghadapi pandemi covid 19 ini diharapkan tetap tenang, jangan panik dan selalu patuhi protokol kesehatan sesuai anjuran dan himbauan pemerintah.

“Usahakan dalam masa pandemi ini kondisi kita  agar selalu fit, jaga selalu imunitas tubuh,” himbau Halimatussa’diyah.

Pelaksanaan penyaluran BLT dana desa tersebut berjalan lancar hingga selesai dan Pemdes Kampung Delima  tetap menekankan kepada penerima bantuan untuk menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan, cuci tangan, jaga jarak dan memakai masker.[Darlin/Adv]

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *