Diduga Api Berasal dari Kompor, Kebakaran Hebat Itu Hanguskan satu Buar Rumah Warga

Bengkulu Post | Mukomuko_Warga Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko Kabupaten Mukomuko, dikejutkan oleh amukan si jago merah, Rabu (12/10/2022) siang. Peristiwa ini mengakibatkan satu buah rumah berbahan kayu hangus terbakar. Meski demikian, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini.

Kepala Kantor Satpol PP dan Damkar Mukomuko, Suryanto S.Pd, M.Si, mengatakan, terdapat satu buah rumah terbakar.

“Musibah yang terjadi sekitar pukul 10.32 WIB tersebut, membakar satu bangunan rumah warga yang terbuat dari kayu. Sekitar satu jam lebih 7 menit, api baru bisa dikuasai. Akibatnya kebakaran tersebut 1 KK kehilangan tempat tinggal,” ujarnya.

Korban kehilangan rumah akibat hangus total. Beberapa unit mobil pemadam kebakaran dan 10 orang personil Pemadam Kebakaran beserta 12 orang anggota Satpol PP dikerahkan untuk menghentikan sumbar api.

“Dari kejadian tersebut korban jiwa nihil, kerugian yang ditimbulkan ditaksir puluhan juta rupiah lebih, dan untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian,namun pihaknya meyakini bahwa kebakaran tersebut disebabkan oleh kompor yang ditinggalkan pemiliknya saat sedang memasak” pungkasnya

Menurut Kasatpol PP dan Damkar Mukomuko, Suryadi, S.Pd, M.Si saat dikonfirmasi , berdasarkan hasil penyelidikan sementara, kebakaran dipicu adanya percikan api yang menyambar kayu papan rumah yang berasal dari kompor yang ditinggal pemiliknya saat sedang memasak.

Api seketika membesar kemudian menyambar benda-benda lain yang mudah terbakar. termasuk peralatan masak rumahan.

Kasatpol PP dan Damkar menambahkan, api yang menjalar begitu cepat membuat korban panik dan berupaya memadamkan api sembari berteriak meminta tolong. Akibatnya, pria yang kabarnya bekerja sebagai pekebun itu  mengalami luka ringan.

“Pantauan di lapangan, api berkobar selama kurang lebih satu jam sebelum akhirnya berhasil dipadamkan oleh petugas Damkar Kabupaten Mukomuko  yang mengerahkan unit mobil Damkar. Selain itu, ratusan warga sekitar yang mengetahui kejadian tersebut juga ikut membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Semetara itu, tetangga korban menuturkan, pada saat kejadian, ia berada di dalam rumah dan sedang memasak. Ketika salah satu anggota keluarga keluar rumah, yang bersangkutan terkejut melihat api sudah membubung tinggi.

“Jadi, pas aku keluar jugo. Bagian belakang rumah itu sedang terbakar. Kurang tahu api berasal dari mana. Yang jelas, memang dari dapur  rumah,” akunya.[Abu Razak]

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *