Desa Talang Leak 2 Mendukung Program MT2, “Desa Tanpa Kemiskinan Menuju Bahagia dan Sejahtera”

Bengkulu Post | Lebong_Para petani di Desa Talang Leak 2  Kecamatan Bingin Kuning Kabupaten Lebong patut berbahagia, karena pada Kamis  (20/10/2022) tengah melaksanakan panen raya tanaman padi. Kegiatan panen raya kali ini dihadiri langsung oleh Bupati Lebong Kopli Ansori  yang didampingi oleh Wakil Bupati Drs.Fahrurrozi, M.Pd,  Dinas pertanian provinsi Bengkulu, Forkopimda, Seluruh OPD, dan Camat sekabupaten lebong dan beberapa kepala SKPD terkait. Adapun jenis padi yang dipanen pada hari ini adalah varietas unggulan IP 200 yang bisa dipanen 2 kali dalam satu tahun atau yang dikenal dengan MT2.

Bupati Lebong, Kopli Ansori mengapresiasi sekaligus mensyukuri panen raya ini. “Patut kita apresiasi bersama karena para petani di Desa Talang Leak ini, telah memberikan kontribusi nyata terhadap upaya peningkatan produksi dan produktivitas padi di Kabupaten Lebong,” kata Bupati yang terkenal merakyat dan akrab dengan masyarakat ini.

Dalam sambutannya Bupati Kopli Ansori mengatakan, sangat gembira dapat melakukan silaturahmi bersama para petani di Desa Talang Leak 2. Sektor pertanian merupakan salah satu program unggulan Bupati dan Wabup dari dari beberapa  program prioritas  “Lebong Bahagia dan Sejahtera”.

“Melalui momentum hari ini saya harapkan lahan persawahan di Kabupaten Lebong  khususnya Kecamatan Bingin Kuning  dapat berkontribusi terhadap peningkatan produksi baik peningkatan indeks pertanian (IP) dan produktivitas di Kabupaten Lebong,” katanya.

Dilanjutkan Bupati melihat potensi pengembangan tanaman padi di Kecamatan Bingin Kuning, serta pontensi produktivitas hasil Padi. Dengan ini mengajak bapak dan ibu pelaku usaha tani di Desa Talang Leak 2 untuk memulai dan membiasakan gerakan tanam IP200.

Tentunya untuk mendukung program swasembada pangan maka pemerintah Kabupaten Lebong bekerjasama dengan pemerintah pusat dan provinsi pada tahun 2022 memprogramkan peningkatan produksi padi .

“IP 200 sawah Desa Talang Leak 2, padi project dari Kabupaten Lebong, ternyata hasil uji cobanya berhasil dan memuaskan dan tidak pernah kita kira IP 200 di Desa Talang Leak 2 bisa menghasilkan puluhan  ton padi gabah, ini merupakan kesatuan yang bagus kedepannya kita akan prioritas dan fokuskan untuk IP 200, biasanya disawah pasang surut maksimal hanya 4-5 ton,” ujarnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Bumi Swarang Patang Stumang  ini menyampaikan pemerintah Kabupaten Lebong  akan selalu hadir ditengah petani, akan mencari solusi apapun yang menjadi permasalahan ditengah para petani saat ini untuk meningkatkan hasil pertanian kedepannya.

“Adanya IP200 di Desa Talang leak 2  yang bisa menghasilkan panen raya hingga dua kali dalam satu tahun membuktikan bahwa Kabupaten Lebong  sangat layak sebagai penyumbang lumbung pangan nasional dan Lebong  akan meningkat hingga peringkat 1 Provinsi nantinya,” harap Bupati optimis.

Desa Talang Leak 2 Kecamatan Bingin Kuning Kabupaten Lebong, telah melakukan terobosan baru di bidang pertanian. Mitos yang mengatakan Kabupaten Lebong tidak bisa panen dua kali ternyata bisa dilakukan dengan usaha dan kemauan yang besar.

Sementara itu Kepala Desa  Talang Leak 2,  Afrildo mengatakan ,” Kita harus membangun kepercayaan masyarakat di Kabupaten Lebong, terkhusus masyarakat Desa Talang Leak 2, karena dari zaman dahulu  hingga  sekarang kepercayaan masyarakat terhadap dinas pertanian tidak ada. Dengan melaksanakan dan ikut mensukseskan program MT2 ini masyarakat akan merasakan sendiri dan menikmati hasil produknya yang meningkat.

” Melalui program MT2 ini, maka di ambillah inisiatif diri, kami masyarakat Talang Leak 2 bekerjasama dengan Dinas Pertanian, sepakat akan mensukseskan program MT2 ini dengan hamparan seluas  100 Ha di Desa Talang Leak 2,  pada hari ini telah mencapai puncaknya yaitu Panen Raya MT2,”ungkap Kades dengan raut bangga

“Alhamdulillah hari ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami masyarakat Talang Leak 2, mensukseskan program MT2 dengan suatu perjuangan dan kerja  keras yang dilakukan oleh masyarakat  telah mencapai puncaknya yaitu menuai hasiilnya dengan Panen raya. Keberhasilan ini tak lepas dari dukungan dari Bupati dan wakil Bupati Lebong, Dinas Pertanian, Camat dan seluruh masyarakat Talang Leak 2”, ungkap Kades menambahkan

Bupati Lebong Kopli Ansori memberi apresiasi kepada Kepala Desa terkhusus kepada masyarakat Talang Leak 2 yang telah mendukung program MT2 ini, Desa Kota Baru dan Desa Talang Leak 2 merupakan contoh bahwa program MT2 ini bisa membuat masyarakat Kabupaten Lebong merasakan Bahagia dan Sejahtera.

Semoga di tahun ini dan seterusnya desa-desa yang lainnya bisa mengikuti program MT2 ini. Saya yakin masyarakat pasti ingin menikmati hasil yang meningkat dan ingin merasakan sukses dalam bertani. Keinginan itu bisa kita raskan kalau kita menerapkan pola seperti di Desa Talang Leak 2 ini,  sesuatu yang kita inginkan dan dilaksanakan pasti akan mendapatkan hasil seperti yang kita harapkan. Antusias Bupati Lebong Kopli Ansori sangat luar biasa dalam mendukung program MT2 khususnya di Desa Talang Leak 2 dan sekitarnya.[Tuti /Adv]

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *