Keputusan MusDes Rigangan I Ada 3 Skala Prioritas

Bengkulu Post-Kaur,Pemeritah Desa Rigangan I Kecamatan Kelam Tengah melaksanakan Musyawarah Desa (MUSDes) dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2023, penyelenggaraan tersebut dilaksanakan oleh BPD Desa Rigangan I, dibuka oleh Kepala Desa Rigangan I Herto Juniva dan dihadiri oleh Seluruh perangkat Desa, Camat Kelam Tengah, TP PKK Desa, Karang Taruna Desa dan unsur tokoh Masyarakat.
Tujuannya dari Musdes RKPDes untuk menentukan arah kebijakan Pemerintah Desa, baik dalam sektor pembangunan, pembinaan, pemberdayaan atapun penyelenggaraan pemerintah yang akan dilaksanakan tahun depan, hal ini disampaikan oleh Kades Rigangan I Herto Juniva,S.Ip usai pelaksanaan Mudes di kediamnya.

“Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi, selanjutnya seluruh peserta musyawarah desa menyepakati beberapa hal yang berketetapan menjadi kesepakatan akhir dari Musyawarah Desa (MUSDes) dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2023,” ujarnya.
Lanjutnya, ada 13 usulan program dari warga hanya 3 program saja yang akan dikerjakan pada tahun 2023 mendatang yakni pembangunan jalan menuju lapangan bola kaki Anak Muda Rigangan (AMURA) melawati depan MTSN Rigangan, perbaikan jalan lingkungan desa yang sudah banyak rusak dan untuk program ketahanan pangan berupa jalan sentra produksi.

“Untuk ukuran atau pajang, belum bisa jalan yang akan dibangun, akan ditetapkan setelah jumlah Dana Desa (DD) ditahun 2023 mendatang diketahui, sehingga akan di buat Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang sesuai dengan standar yang ditentukan,” jelas Kades Rigangan I.
Lebih lanjut Herto Juniva mengatakan, Pemdes Rigangan I hanya mempasilitasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk mengelar Musdes, untuk keputusan prioritas kebutuhan pembangunan tentunya masyarakat dan BPD yang sudah menentukan dan di masukan kedalam berita acara msuyawarah.
“Untuk lebih maju desa ini, sangat dibutuhkan peran serta masyarakat, Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dan seluruh aspek yang bisa menjadikan akan pembangunan yang lebih lagi,” tutupnya.(NS)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *