Wakil Bupati Mukomuko Tinjau Lokasi Banjir di Kecamatan Ipuh

Mukomuko-Bengkulupost.id -Akibat hujan dengan intensitas tinggi, air hujan, meluapnya anak sungai dan drainase, mengakibatkan banjir, pergerakan tanah/longsor disertai badai yang terjadi pada hari Kamis (7/1/22) ada 20 Desa di Kabupaten Mukomuko terkena dampak bencana tersebut.

Bupati Mukomuko melalui Wakilnya Wasri meninjau lokasi banjir yang berada di Kecamatan Ipuh pada Jum’at (18/11/22). Turut hadir mendampingi, BPDB Kabupaten Mukomuko, Camat Ipuh, Kapolsek Mukomuko Selatan dan Danramil Ipuh dalam kegiatan tersebut.

Dalam kegiatan peninjauan lokasi banjir Wakil Bupati Mukomuko, Wasri beliau mensurvey beberapa titik lokasi musibah banjir dan longsor. Dirinya mengucapkan belasungkawa atas musibah banjir ini” Atas nama Pemerintahan Kabupaten Mukomuko kami mengucapkan rasa duka cita yang mendalam atas musibah bencana alam ini. Semoga musibah banjir segera dapat ditangani dengan baik dan semoga kepada masyarakat yang terdampak bencana tersebut senantiasa diberikan kesabaran dan ketabahan hati.ā€¯ungkap Wasri.

Lebih lanjut, Wasri menjelaskan Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui BPBD akan membuat peta wilayah rawan bencana geologis, klimatologis dan biologis, memberikan penyuluhan atau mitigasi bencana kepada masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah rawan bencana alam, dan berupaya membuat infrastruktur yang tahan akan bencana kedepannya. Kepada semua masyarakat mari kita jaga lingkungan dari sampah karena ini adalah salah satu masalah fungsi sungai dan selokan tidak dapat bekerja dengan baik. Saya meminta Camat dan Kepala Desa segera menghimbau masyarakat untuk siaga dan waspada terhadap bencana,”jelas Wasri.

Masih dalam kesempatan yang sama Camat Ipuh, Buyung Andri.S.Sos menjelaskan “Pihak Kecamatan Ipuh sudah mengintruksikan kepada kepala desa untuk melakukan pendataan warga yang terdampak banjir untuk menjadi bahan laporkan ke pihak Badan Penanggulangan Bencana di Kabupaten Mukomuko,”ucapnya.

Terpisah Kepala Desa Air Buluh , Hajratul Aswad yang desanya terdampak banjir mengungkapkan terimakasih kepada Wakil Bupati Mukomuko dan semua pihak yang sudah membantu dalam penanganan banjir mau pun pasca banji yang terjadi di Desa Air Buluh, Semoga kedepannya Pihak Kabupaten Mukomuko mampu memberikan solusi jangka pendek maupun jangka panjang agar desa kami tidak terjadi banjir lagi,”pungkasnya.

Diketahui berdasarkan data BPBD Kabupaten Mukomuko ada 20 Desa yang terdampak antara lain :

  1. Ds. Pasar Ipuh Kec. Ipuh
  2. Ds. Pasar Baru Kec. Ipuh
  3. Ds. Pulau Makmur Kec. Ipuh
  4. Ds. Retak Ilir Kec. Ipuh
  5. Ds. Medan Jaya Kec. Ipuh
  6. Ds. Semundam Kec. Ipuh
  7. Ds. Tanjung Harapan Kec. Ipuh
  8. Ds. Pulai Payung Kec. Ipuh
  9. Ds. Tanjung Medan Kec. Ipuh
  10. Ds. Retak Ilir Kec. Ipuh
  11. Ds. Air Buluh Kec. Ipuh
  12. Ds. Wono Salam Kec. Lubuk Pinang
  13. Ds. Tirta Mulya/SP.5 Kec. Lubuk Pinang
  14. Ds. Kota Praja Kec. Air Manjunto
  15. Ds. Rawa Mulya Kec. XIV Koto
  16. Ds. Lubuk Sanai
  17. Ds. Pelokan Kec. XIV Koto
  18. Ds. Rawa Bangun Kec. XIV Koto
  19. Ds. Dusun Pulau Kec. Air Rami
    20.Ds. Talang Rio. Kec ,Air Rami

Data sementara ada 316 Rumah terndam banjir. Korban Jiwa Nihil namun perlu segera penanganan pengendalian sungai/normalisasi anak sungai, gorong-gorong dan drainase agar tidak meluasnya dampak banjir.

Laporan : Abu Razak.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *