Dinas Perikanan Bersama TP PKK Kabupaten Mukomuko Kampanyekan Gemarikan dan Hidup Sehat

Bengkulu Post | Mukomuko-Bupati Mukomuko H. Sapuan, S.E., MM, Ak., C.A., P.A melalui Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko  bersama  Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mukomuko, Ny. Hj. T. Nurliyana Habsjah Sapuan, ikut serta memakan ikan bersama anak-anak pada Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan dan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA) di tiga Kecamatan dengan sasaran anak SD dan SLTP secara estapet, Senin (21/11/2022) kemarin.

Kampanye makan ikan mengusung tema “Kita Biasakan Konsumsi Ikan Setiap Hari Mewujudkan Generasi Sehat, Kuat dan Cerdas”.

Turut hadir Hadir, Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Azbas Novyan, Camat Kota Mukomuko, Ketua TAPI Kecamatan, Pemerintah Desa Tanah Harapan, Kepsek dan dewan guru serta perwakilan PT. Agro Tanah Rekah Estate.

Kepala Dinas Perikanan Kab Mukomuko, melalui Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko Azbas Novyan mengatakan, tujuan pada gerakan memasyarakatkan makanikan (Gemarikan) ini untuk menambah pengetahuan dan informasi tentang manfaat dan kadungan gizi ikan kepada anak anak.

“Dengan gerakan makan ikan bersama ini, agar dapat memotivasi anak anak sejak dini untuk gemar memakan ikan, “ ujarnya.

Pada kampanye makan ikan ini adalah bahan utama yang kita buat sebagai makanan yaitu ikan gabus yang sudah tidak asing lagi di lingkungan kita, kita tahu banyak mengandung manfaat dalam mengkunsumsi ikan gabus.

Adapun peserta dalam kampanye makanini ini, kita hadirkan anak Taman Kanak-Kanak (TK), anak Sekolah Dasar (SD) dan anak Sekolah Lanjutan Tingkat pertama (SLTP).

Usai di SDN 11 Kecamatan Kota Mukomuko, rombongan bertolak ke SDN 04 Teras Terunjam dan terakhir SDN 05 Kecamatan Selagan Raya.

Ketua TP PKK Kabupaten Mukomuko Ny. Hj. T. Nurliyana Habsjah menyampaikan, kegiatan kampanye Gemarikan bertujuan untuk mengajak anak-anak terbiasa makan ikan sejak dini. Dikatakan, dengan mengonsumsi ikan mengandung banyak manfaat. Lebih lagi bagi anak yang dalam proses pertumbuhan, sangat baik untuk kesehatan dan kecerdasa

Sekretaris Dinas Perikanan Mukomuko, Azbas Novyan dalam sambutannya, menyampaikan bahwa mengonsumsi ikan dapat mencerdaskan anak bangsa dan dapat mencegah stunting anak-anak sedari dini. Terkhusus untuk Kabupaten Mukomuko, angka masyarakat mengonsumsi ikan cukup tinggi. Menurutnya, secara persentase hampir menyamai tingkat konsumsi nasional. 

‘’Data dari kementerian, tingkat konsumsi ikan nasional 57,737 kilogram per kapita. Untuk Kabupaten Mukomuko, sekitar 52 kilogram per kapita. Artinya, tingkat kegemaran konsumsi ikan di Kabupaten Mukomuko hampir mendekati nasional,’’ urainya. 

Pada kesempatan ini, Ketua TP PKK Kecamatan Kota Mukomuko drg. Erawita mengapresiasi atas terlaksanakan kegiatan kampanye Gemarikan. Menurutnya, program mengajak masyarakat gemar makan ikan juga bagian dari 10 program Pokok PKK dalam upaya meningkatkan asupan gizi keluarga. 

‘’Mengonsumsi ikan baik untuk kesehatan dan kecerdasan serta daya tahan tubuh. Maka dari itu, kegiatan ini sangat kami apresiasi, dengan harapan dapat membangkitkan semangat motivasi dan minat masyarakat untuk mengonsumsi ikan. Dan kepada kaum ibu, kita berpesan agar terus memberi menu bergizi kepada anak-anak kita dan keluarga,’’ harapnya.

Kepala SDN 11 Kecamatan Kota Mukomuko, Rita Afrida, S.Pd turut mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan memilih SDN 11 sebagai salah satu tempat kegiatan kampanye Gemarikan. Melalui kegiatan ini, kata Rita Afrida, dapat menambah wawasan pengetahuan dan motivasi bagi anak untuk mengonsumsi ikan. 

‘’Tak luput, kami sebagai tuan rumah mengucapkan terimakasih, dan mohon maaf jika pada kegiatan ini ada hal yang kurang tepat dan lain sebagainya,’’ demikian Rita Afrida

Melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) diharapkan tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal dengan melibatkan seluruh elemen, terutama Ibu-ibu yang sangat berperan penting dalam memasyarakatkan nilai lebih dari konsumsi ikan, selain itu diharapkan dapat menurunkan angka Stunting di Kabupaten Mukomuko.

Ketua TP PKK Kabupaten Mukomuko  yang juga sekaligus sebagai Ketua Forikan Kabupaten Mukomuko menyampaikan bahwa Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten telah dibentuk pada bebebrapa waktu lalu  yang mana tujuan Forikan adalah untuk mengajak masyarakat agar gemar makan Ikan sehingga berdampak pada meningkatnya tingkat konsumsi ikan sekaligus dalam rangka intervensi angka stunting di Kabupaten Mukomuko, bukan hanya tugas Pemerintah Daerah dan Forikan saja akan tetapi juga tugas seluruh komponen institusi, lembaga dan masyarakat dalam rangka mempersiapkan generasi bangsa yang sehat dan cerdas.

Kedepan tim Forikan yang diketuai oleh Ketua Tim Penggerak PKK tidak hanya berada di tingkat Kabupaten, tetapi juga di Kecamatan-kecamatan yang tentu saja diketuai oleh ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan.

Diharapkan dengan adanya Tim Forikan tingkat Kecamatan, sosialisasi akan pentingnya memasyarakatkan konsumsi ikan lebih menggeliat lagi.

Dinas Perikanan Kabupaten Mukomuko bekerja sama dengan Forikan, serta TP PKK Kabupaten menyelenggarakan kembali serangkaian kampanye perluasan Gemarikan di tingkat  Kecamatan dengan sasaran  anak balita stunting, dengan adanya stimulus berupa bahan pangan hasil perikanan tersebut, diharapkan dapat juga membantu dalam intervensi angka stunting di Kabupaten Mukomuko. Produk olahan perikanan merupakan bahan pangan yang baik untuk pemenuhan gizi pada anak karena kandungan protein yang tinggi, kemudian ikan juga sebagai sumber asam lemak yang bagus untuk pengelihatan, serta Kaya akan Omega 3 yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan sistem saraf pada anak.

Di Kabupaten Mukomuko  di dukung dengan adanya sumberdaya hasil perikanan yang melimpah dan diharapkan kepada bapak ibu sekalian mulai sadar untuk gemar makan ikan, demi kesehatan tubuh kita dan tumbuh kembang anak kita.

Ada beberapa hal yang dapat mencegah stunting adalah melalui beberapa perilaku berupa pola makan, pola asuh, dan pola hidup bersih. Perilaku-perilaku tersebut harus senantiasa kita laksanakan untuk tumbuh kembang anak yang baik. Dan dengan minat terhadap makan ikan semakin meningkat, sehingga pemenuhan gizi dapat terlaksana dengan baik, akhirnya angka stunting dapat menurun dan angka konsumsi ikan akan meningkat.

Ketua TP PKK Kabupaten Mukomuko  juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Dinas Perikanan Mukomuko karena telah mengadakan kegiatan kampanye Gemarikan, hal ini merupakan langkah yang sangat baik. [Abu Razak CH]

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *