Ketua Komisi I Hadiri Penandatanganan Nota Kesepakatan dan Rencana Kerja serta Launching UHC

Bengkulu Post – Kepahiang –Ketua Komisi I Nanto Usni hadiri penandatanganan Nota Kesepakatan dan Rencana Kerja serta Launching Universal Health Coverage (UHC) yang dilakukan oleh Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, M.M. IPU. di Aula Gedung Wulandari Kelurahan Pensiunan Kecamatan Kepahiang pada Selasa, (22/11/2022).

Diketahui sebelumnya Bupati Kepahiang telah menerima Penghargaan Kepala Daerah yang telah mencapai Universal Health Coverage (UHC) Non Cut Off yang diserahkan oleh Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah pada Rabu (16/11/2022) yaitu pada malam puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-58 di Auditorium Poltekes Kemenkes Bengkulu.

Launching UHC yang dilakukan Bupati Kepahiang ini merupakan pencapaian sebesar 96,43 % penduduk Kabupaten Kepahiang telah mempunyai jaminan kesehatan yang pembiayaannya sebagian besar ditanggung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kepahiang. Pencapaian ini berdasarkan target nasional sebesar 89, 6 % yang artinya Kabupaten Kepahiang telah sukses melampaui batas minimum dimana juga sudah mendekati target RPJMN hingga Tahun 2024 sebesar 98 %.

Disampaikan oleh Deputi Direksi BPJS Kesehatan dr. Siti Farida Hanoum, AAK. terkait hal tersebut maka terbuka akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kepahiang menuju pelayanan kesehatan bilamana dibutuhkan.

“Dengan UHC ini maka masyarakat yang belum terdaftar dan sewaktu-waktu membutuhkan pelayanan kesehatan dapat mendaftarkan kepesertaannya dan bisa langsung aktif tanpa menunggu 14 hari,” sampai Siti Farida.

Dia juga mengatakan terkait distribusi Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang belum selesai tetap tidak menyulitkan masyarakat bila membutuhkan akses pelayanan kesehatan, karena masyarakat dapat menggunakan e-KTP atau NIK yang dimiliki.

Kegiatan penandatanganan Nota Kesepakatan dan Rencana Kerja serta Launching UHC ini juga dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kepahiang, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepahiang Dr. Hartono, M.Pd, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup Novi Kurniadi, SKM., MBA., AAK., Kepala BPJS Kabupaten Kepahiang Desnita Adelina, S.KM dan Kepala Badan, Kantor serta OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Kepahiang. (rls).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *