Bengkulu Selatan – Direktur RSUHD Manna dr Debi……….. menuturkan pengaduan masyarakat merupakan bagian dari sistem penanganan aduan yang berfokus pada penanganan ketidak puasan pelayanan di RSUD Hasanuddin Damrah Manna. Hal ini merupakan salah satu bentuk peran serta masyarakat dalam pengawasan terhadap RS yang perlu mendapatkan tanggapan yang cepat, tepat dan dapat dipertanggung jawabkan oleh instansi.
“Kita buka layanan pengaduan masyarakat terkait pelayanan pasen dan untuk memberihkan tanggapan yang cepat, tepat dan dapat dipertanggung jawabkan,”ungkap Debi.
Dikatakan Debi, peningkatan mutu pelayanan kesehatan merupakan serangkaian upaya fasilitas pelayanan kesehatan dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar dan mengutamakan keselamatan pasien. Sehingga dalam upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan, setiap fasilitas pelayanan kesehatan wajib melakukan peningkatan mutu pelayanan kesehatan baik secara internal maupun eksternal dan terus menerus serta berkesinambungan.
“Tujuan peningkatan mutu pelayanan kesehatan adalah pertama untuk memenuhi hak pasien mendapatkan pelayanan Kesehatan yang bermutu dan memberikan kepuasan kepada pasien, kedua adalah untuk mendorong fasilitas pelayanan kesehatan mewujudkan budaya mutu melalui tata kelola organisasi dan tata kelola klinis yang baik, dan yang ketiga adalah untuk meningkatkan perlindungan bagi sumber daya manusia di Rumah Sakit,”kata Debi.
Ia juga mengharapkan masukan dari masyarakat untuk mengakses layanan dan menyampaikan layanan ke RSUHD guna meningkatkan prestasi pelayanan rumah sakit yang baik.
“Guna tercapai peningkatan mutu pelayanan kesehatan baik secara internal maupun eksternal melalui pemberitaan media elektronik dan media cetak menuju kearah yang baik sangat diharapkan,”demikian Debi.(tem)