Camat Topos Laksanakan Monev Serentak Pada 7 Desa Atas 100% Pengerjaan Fisik DD/ADD Tahap 2 Tahun 2022, Ini Daftarnya

Bengkulu Post | Lebong_Guna mengetahui hasil pekerjaan fisik di desa-desa binaan tim dari Kecamatan Topos lakukan monitoring evaluasi (monev) di 7 Desa secara serentak. Kegiatan ini dilakukan untuk memeriksa penggunaan DD/ADD apakah telah susuai dengan rencana anggaran dan belanja atau tidak.

Dengan melakukan monitoring, kecamatan bisa memantau sejauh mana proses pengerjaan fisik.  Hal tersebut merupakan bentuk tanggung jawab kecamatan terhadap Dana Desa yang diterima masing-masing Pemdes terutama mengenai pembangunan fisik.

Camat Topos  pada kesempatan tersebut mengatakan, maksud dan tujuan diadakannya monitoring dan evaluasi ini bukan untuk mencari-cari kekurangan dan kesalahan, tetapi dengan tujuan untuk melakukan pembinaan dengan mengecek kegiatan dan pembangunan apa saja yang dibiayai oleh Dana Desa, sekaligus cek fisik. Sehingga apabila ada hal-hal yang belum sesuai maka bisa dilakukan pembenahan dan perbaikan.

Pemerintah Kecamatan Topos, Kabupaten Lebong  menggelar monitoring dan evaluasi (Monev) kegiatan pembangunan fisik dan non fisik yang sudah terealisasi melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2022.

Kegiatan monev ini merupakan bagian dari tugas kecamatan dalam rangka melaksanakan pembinaan dan pengawasan pengelolaan ADD dan DD. Dengan tujuan agar pemerintahan desa terhindar dari praktik penyalahgunaan anggaran.

“Diharapkan dalam mengelola ADD dan DD, agar penggunaannya selalu tepat sasaran,” kata Camat Topos , Zherli, SH  di sela Monev salah satu desa, Kamis (06/10/2022).

Camat Topos , Zherli, SH  mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak terkait yang ikut berpartisipasi dalam hal pembangunan dengan memanfaatkan ADD dan DD.

Ia berharap, dengan terealisasinya program pembangunan melalui ADD dan DD, baik fisik maupun non fisik dapat bermanfaat dan dinikmati oleh semua masyarakat. Serta dapat menjadikan akses penunjang terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Dalam sambutannya , Zherli  menyampaikan, “pada hari ini kita adakan Monev  serentak di setiap desa masing masing, dan  saya harapkan kepada seluruh kepala desa telah siap untuk Monev pada hari ini, mengingat waktu dan kodisi sudah memasuki bulan 10 ini maka kita akan segera melakukan pengajuan untuk tahap III ,”ungkap Camat

“Agar semua bangunan yang telah  dikerjakan ditekankan agar pemerintah desa bisa menjaga mutu dan kwalitas bangunan, karena seperti kita ketahui  bersama bahwa dana pemeliharaan untuk bangunan fisik itu tidak ada maka mari kita sama sama menjaga infrastruktur  yang suda kita bangun secara bersama, agar bangunan ini awet dan terawatt serta bermanfaat untuk segenap warga,”tutup Zherli.

Adapun infrastruktur yang telah selesai dikerjakan pada masing-masing desa meliputi:

  1. Desa Tik  Sirong  telah menyelesaikan Pembangunan  Pembukaan Badan Jalan dengan Volume Lebar 5 meter  sepanjang 2000 meter.
  2. Desa Ajai Siang, telah menyelesaikan Bangunan Infrastruktur  3 titik  Jalan Rabat Beton  berupa Jalan Usaha Tani [JUT] dan Pembangunan Spal 
  3. Desa Suka Negeri  telah selesai pengerjaan  Jalan Rabat Beton  yang merupakan Jalan Lingkungan dengan volume pengerjaan  Lebar 3 meter
  4. Desa Talang Baru 1 selesai mengerjakan  pembangunan berupa 2 item perehaban Jalan Lingkungan Jenis Rabat Beton dan Drainase Desa
  5. Desa Talang Baru tempat domisili Ketua Forum Kades se Kecamatan Topos telah menyelesaikan PembangunanFisik berupa Irigasi Desa atas usulan Masyarakat yang merupakan Program Prioritas Desa Talang Baru, sesuai hasil Musdes
  6. Desa Talang Donok 1 dengan prioritas pembangunan hasil dari kesepakatan Pemdes bersama warga desa setempat berupa Jalan Lingkungan Desa berupa Rabat Beton.
  7. Sedangkan Desa Talang Donok  lebih memprioritaskan Pembangunan Jalan Rabat Beton Lingkungan Desa  serta Tempat Pemandian umum

Pengamatan media Bengkulu Post dilapangan didapati catatan, pengerjaan sudah sempurna dan sesuai dengan Juknis serta RAB, sehingga 7 Desa tersebut dinyatakan telah layak Monev 100% untuk Pengerjaan Infrastruktur tahap 2 tahun 2022 dari pemanfaatan Dana Desa [DD] serta Anggaran Dana Desa  [ADD] tahun 2022

Turut hadir dalam acara tersebutCamat Topos, Zherli, SH  beserta Tim Evaluasi tingkat Kecamatan Topos dengan didampingi Bhabinkamtibmas, Anton , Jaka Dwikusuma, dan Oka Marcelena . Bhabinsa, Kopda Rio Saputra, Sertu Elman Susanto, PLD, PD, PDTI beserta 7 Ketua BPD Desa yang didampingi Konsultan Perencanaan Pembangunan Desa .

Tidak lupa turut hadir pada acara tersebut, diantaranya :

  1. KPA Desa Ajai Siang, Dodi Heriyanto..
  2. KPA Desa Talang Donok, Rajabul Aksa.
  3. KPA Desa Talang Baru, Erfendi.
  4. KPA Desa Tik Sirong, Arpan Dahri.
  5. KPA, Desa Suka Negeri, Jhon Kennedi.
  6. KPA, Desa Talang Baru 1, Armaja Kartika
  7. KPA, Desa Talang Donok 1,Yanto

Pengecekan dilakukan baik secara administratif SPJ maupun cros cek di lapangan. Bahwa kedepannya diharapkan untuk kegiatan peningkatan kapasitas kemampuan SDM baik warga maupun Perangkat Desa untuk lebih di tingkatkan di tahun 2022 ini dan tahun yang akan datang.

Kegiatan monev ini disamping memantau pembangunan yang bersumber dari dana desa, juga mementau kegiatan pembangunan desa yang bersumber dari dana lainnya, seperti ADD (alokasi dana desa).

Zherli SH, Camat Topos  mengatakan, monev tersebut dilakukan agar tidak terjadi penyimpangan dan aparat desa bisa tertib dalam administrasi program pembangunan yang menggunakan Dana Desa.

Namun begitu, kata Zherli , dalam monitoring dan evaluasi ini hanya bersifat teguran dan pembinaan, tidak mendetail karena kalau tupoksi pengawasan dan pemeriksaan merupakan ranah Inspektorat.

“Kita hanya monitoring dan evaluasi saja, sejauh mana mereka melaksanakan kegiatan ini dan kendala apa yang mereka temui di lapangan. Kita memberikan masukan apabila ada kendala yang ditemui oleh pemerintah desa. Jadi kita lebih kepada pembinaannya,” ujarnya.

Tercatat pada Oktober  2022 ini ada tujuh desa di wilayah Kecamatan Topos, yang dievaluasi terkait kegiatan pembangunan di desa yang bersumber dari Dana Desa.[DARLIN/Adv]

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *