Ketua DPRD Mukomuko Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November, ini Pesannya

Bengkulu Post | Mukomuko-Pemerintah Kabupaten Mukomuko menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Pemkab Mukomuko, Kamis (10/11/2022).

Wakil Bupati Mukomuko, Wasri  bertindak sebagai Inspektur Upacara, dan dihadiri jajaran Forkopimda serta pejabat dan kepala OPD jajaran Pemkab Mukomuko.

Menteri Sosial Tri Rismaharini, melalui sambutan yang dibacakan Wakil Bupati Mukomuko menyampaikan, hingga saat ini Bangsa Indonesia masih harus berjuang menaklukkan ancaman dan tantangan yang nyata. Antara lain pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih.

“Kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam termasuk pandemi Covid–19 serta kelangkaan sumber daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan. Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang”, kata Wakil Bupati.

Untuk itu, segenap Bangsa Indonesia harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan. Melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan.

Mengelola sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang dengan lebih baik lagi.

“Tidak mudah memang tapi pasti bisa. Karena para pahlawan kita telah memberikan teladannya”, tegasnya.

Adapun tema Hari Pahlawan Tahun 2022 yakni ‘Pahlawanku Teladanku. Upacara diikuti berbagai unsur masyarakat mulai dari ASN, TNI, Polri, satuan pengamanan, PGRI, perwakilan siswa SMA/SMK, Pramuka, serta mahasiswa. Panitia juga mengundang para veteran hadir sebagai undangan.

Pada kesempatan terpisah Ketua DPRD Mukomuko, M Ali Saftaini, SE yang turut menghadiri momentum tersebut mengungkapkan,  momentum peringatan Hari Pahlawan merupakan bagian dari wujud penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang tulus, ikhlas merebut kemerdekaan.   

Ali berharap, momentum peringatan Hari Pahlawan tidak hanya sekedar seremonial, akan tetapi lebih kepada mengingatkan masyarakat untuk dapat memetik hikmah yang terkandung di dalamnya. 

‘’Mari secara bersama-sama mengambil hikmah, sikap dan perilaku yang terkandung pada diri para pahlawan kita. Khususnya, nilai-nilai dan sikap perilaku kita dalam membangun bangsa dan negara kita ke depan, khususnya Kabupaten Mukomuko,’’ tambahnya.

 Selain itu, seluruh elemen bersama-sama memberantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah-belah bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. “Mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya. Jadikanlah semangat dan nilai–nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama,” jelasnya.-[Abu Razak CH/Adv]

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *