Desa Air Sebakul Miliki Aset Danau Tempat Wisata.

BENGKULU POST – BENTENG,Pemerintahan desa Air Sebakul Kecamatan Talang Empat Kabupaten Benteng mempunyai Danau temapat wisata yang luasnya sekira 1,5 hektar.

Danau tersebut di bangun pada tahun 2022 oleh rekanan yang menelan dana sekitar 60 juta rupiah lebih.kata kepala desa Air Sebakul Titin Sumarni saat di wawancarai Bengkulu Post di Pondok lokasi.(20/6/23)

Menurut kades, sebelum danau ini di bangun lokasi tempat wisata ini terletak di rawa-rawa dan semak belukar yang mengelilingi pemukiman warga.

Berdasarkan hal demikian saya mempunyai ide untuk mengantisipasi tempat bersarangnya binatang buas dan tempat persembunyian ular.

Kasian masyarakat jika rumahnya di naiki ular karena tidak menutup kemungkinan ular-ular yang berbisa akan menyerang warga. Kata bu kades.

Saya mempunyai inisiatip sendiri bahwa rawa-rawa dan semak belukar tersebut saya ajukan dengan masyarakat setempat untuk di buka dan di jadikan Danau sehingga di bawa ke forum rapat desa pada beberapa bulan lalu.Ujar kades.

Seiring waktu berjalan, usulan ini menjadi skala prioritas yang di putuskan pada rapat BPD dan masyarakat setempat sehingga di ajukan saat Musrenbang Kecamatan hingga Kabupaten.

Alhamdulillah , semua pengajuan ini di setujui oleh pihak terkait di Kabupaten Benteng, hingga sekarang Danau tersebut sudah memiliki pasilitas rakit dan kolam ikan yang cukup memadai, tambah kades.

Berdasarkan keputusan rapat desa Danau tersebut akan di kelola oleh BUMDES Air Sebakul, nantinya semua hasil yang di dapat oleh usaha ini akan di serahkan kepada masyarakat Air Sebakul, tandas kades.

Kades juga menambahkan, untuk acara-acara hari besar Negara RI akan danau tersebut akan di jadikan tempat lomba memancing dan tempat lomba berenang dengan hadiah jutaan rupiah, tutur Kades.

Harapannya kepada masyarakat agar mempunyai rasa memiliki sehingga nanti panen ikan hasilnya akan di serahkan kepada warga setempat melalui BUMDes. Tuturnya lagi.

Untuk informasi selanjutnya bahwa ikan yang sudah di lepas ke Danau mencapai puluhan ribu ekor termasuk ikan paten dan ikan nila,tutup kades.(ns)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *